The Man Who Mistook His Wife for a Hat By Oliver Sacks

12143354Penerbit : Picador

Tebal Buku : 257 Halaman

Dua tahun terakhir ini saya memang jadi sangat tertarik dengan pengetahuan tentang otak manusia. Pada awalnya saya membeli dan membaca text book terjemahan yang membahas tentang topik tersebut, namun karena memang basic  saya tidak memadai tentang ilmu kedokteran (yang mana buku-buku tersebut memang ditujukan untuk orang2 yang begelut di dunia tersebut), alangkah girangnya ketika saya menemukan buku2nya Oliver Sacks. Eureka!!

The Man Who Mistook His Wife for a Hat, perhatikan judulnya! Aneh? Tapi ini bukan fiksi atau hayalan. Pada kenyataannya memang terdapat kekurangan fungsi saraf yang menyebabkan hilangnya fungsi saraf tersebut.  Dalam kasus yang dijadikan judul buku ini, Mr.P yang dalam usia lanjutnya ternyata mengidap tumor otak betul2 menarik kepala istrinya karena dalam visualisasinya, kepala istrinya itu adalah topi. Ini terjadi karena tumor otak tersebut menyebabkan hilangnya fungsi saraf tertentu pada Mr.P

Dan banyaaaaaaaak lagi kasus-kasus unik yang membuat saya semakin terpesona pada otak manusia dan misterinya. Dan untuk dapat hidup dengan fungsi otak yang normal ternyata adalah suatu privilege yang jarang kita syukuri, iya kan?

Secara garis besar buku ini berfokus pada neurology alias ilmu saraf. Buku dibagi ke dalam empat bagian besar yang didasarkan pada penyebab dasar mengapa suatu fungsi saraf bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Empat bagian tersebut adalah : losses (kehilangan atau tidak terdapatnya “sesuatu” yang menyebabkan saraf tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya), excesses (kelebihan “sesuatu” yang juga menyababkan saraf tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya), transports (gangguan pada alur kerja sel saraf) dan bagian keempat (yang menurut saya paling menyentuh) adalah the world of the simple.

Dalam masing-masing bagian Oliver Sacks menceritakan (dengan bahasa yang mudah dimengerti) tentang contoh-contoh kasus (unik) yang pernah ia temui, analisanya dan solusi terhadap diagnosis yang ia kemukakan. Salah satu yang membuat saya kagum adalah betapa mereka dengan serius merawat orang-orang yang memiliki gangguan fungsi saraf (dalam fasilitas home care khusus) dan mencarikan solusi atas kondisi2 tersebut sehingga bisa kembali berfungsi di masyarakat. Sementara di Indonesia, nasib orang2 yang kurang beruntung seperti di kasus2 yang dikemukakan Oliver Sacks akan dengan mudahnya tidak dimanusiakan dan ditempeli cap “Gila”, dimasukan ke rumah sakit jiwa, dipasung, dikurung atau dibiarkan berkeliaran dijalanan.

Dalam kasus excesses yang bermanifestasi dalam bentuk mania, saya rasa banyak betul orang Indonesia yang tidak menyadari bahwa terdapat excesses tersebut dalam fungsi sarafnya.

Sepenuh hati, betapa saya sangat menyayangkan kurang awarenya manusia2 di negeri ini terhadap mental health yang sesugguhnya bermuara pada sesuatu yang sepenuhnya scientific seperti fungsi saraf (bukan klenik seperti kerasukan dan perdukunan) dan sepenuhnya treatable.

Boleh dibilang buku ini menginspirasi buat saya belajar lebih banyak lagi tentang mahluk seperti apa sebenarnya kita ini (manusia). Banyak sekali hal menarik yang sebenarnya bisa kita pelajari untuk lebih memahami diri kita sendiri dan (bahkan mungkin ) orang2 di sekitar kita.

Lima dari lima bintang dari saya untuk buku ini.

Advertisements

9 thoughts on “The Man Who Mistook His Wife for a Hat By Oliver Sacks

    • Oh udah ada ya terjemahannya? Waah ga tau juga versi terjemahannya gimana, yang jelas versi bhs inggrisnya gampang dibaca kok mas, ngga jelimet. Menarik deh bahasan buku ini beneran! *mental kompor* hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s