Berjuta Rasanya By Tere Liye

Penerbit : Mahaka Publishing

Tebal : 204 Halaman

“Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk.”

Agak beda dari biasanya, kali ini Tere Liye mengeluarkan karya berupa kumpulan cerita pendek. Temanya? Cinta.. Tapi jangan salah, 15 cerita ini sungguh bukan kisah cinta biasa. Bang Tere Liye berhasil merangkai 15 kisah cinta yang menggelitik peresepsi kita sendiri tentang apa itu cinta dan segala pernak perniknya.

Tentang kesalahan sudut pandang wanita (dan mungkin juga laki2) tentang definisi kecantikan diceritakan dalam Bila Semua Wanita Cantik. Cerita ini sungguh lucu dan sangat menyentil para perempuan, salah satu cerita favorit saya.

Lalu ada juga kisah luar biasa tentang suatu kota yang dipenuhi oleh para penemu. Kota tersebut punya masalah kependudukan yaitu jumlah bayi yang semakin berkurang. Hal itu disebabkan karena kurangnya keberanian para anak muda di kota tersebut untuk menyatakan cinta. Maka para tetua di kota tersebut menciptakan sebuah alat yang bernama cintanometer. Alat tersebut dipasang di dekat telinga dan dapat mendeteksi jika ada seseorang yang jatuh cinta pada pemakainya. Lama2 penduduk kota mulai lupa akan perasaan seperti apa cinta itu. Ada atau tidaknya hanya ditentukan oleh sinyal dari alat pendeteksi. Unik kan?

Nasib yang terkadang kejam digambarkan dalam cerita Pandangan Pertama Zalaiva. Kalau ternyata cinta jatuh pada orang yang salah lalu bagaimana? Siapa yang harus disalahkan, nasib kah? Hhhhmm…

Dan kisah favorit saya yang judulnya Kupu-Kupu Monarch. Kisah getir yang mempertanyakan apa itu cinta sejati. Saat satu pihak sudah bersedia berkorban jiwa dan raga, pihak yang lain dapat dengan mudah menyepelekan semuanya dan berujar “tidak cinta lagi”. Lalu apa itu cinta?

Pada intinya kalo anda bosan dengan kisah2 cinta yang standar, 15 cerita ini bisa menyediakan alternatif yang unik dan menyegarkan.

“Nak, apakah ada yang pernah berpikir hidup ini bukan soal pilihan? Karena jika hidup hanya sebatas soal pilihan, bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu?”

“Cinta sejati adalah perjalanan, Sayang. Cinta sejati tidak pernah memiliki tujuan.”

Advertisements

20 thoughts on “Berjuta Rasanya By Tere Liye

  1. Bukunya udah dibeli waktu ke Medan… Tapi masih di Ternate… Belum diantar sama ekspedisinya… >_<

    Jadi nggak sabar pengen baca… (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)

      • Biasanya diantar sekitar dua minggu setelah nyampe sih mbak… tapi kali ini lama banget… Mungkin karena barang yang mau diantar ke Halmahera belum banyak, makanya mereka numpuk dulu… Mau nyebrang ke sana buat ngambil nggak berani… Angin lagi kencang, ombak pun terlalu tinggi, kemaren aja ada satu speedboat yang tenggelam semua penumpang plus supirnya… Jadi sabar ajalah…. 😉

      • Hiiiiiiii… Ga usah dipaksain lah put.. Ngeri bgt cuacanya.. Btw kalo putri suka baca e book aku banyak tuh yg bisa diemailin.. Ntar besok2 list nya aku kirim ya 🙂

  2. Ceritanegeriku says:

    wah ada ya buku tere liye yang ini…..dimana saya bisa dapet? di gramed minggu kemaren saya belum liat…huwaaaaa pengen baca….

  3. astridfelicialim says:

    pengakuan dosa adalah aku belom pernah baca tere liye sampe sekarang! hahaha…yang recommended utk newbie apa nis? yang gak menye2, nggak predictable, dan cukup realistis?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s