Jatuh Cinta By Jevo Jett

Penerbit : Gagas Media

Tebal : 301 Halaman

“Cinta memang tanpa mata. Tak mengenal waktu. Siapapun bisa terkena demamnya. Siapapun bisa saling jatuh cinta. Soal perbedaan usia, status dan lain-lain, itu B.O.H.O.N.G.”

Lucunya, saya cukup menikmati buku ini. Padahal ceritanya remaja banget, wong nyeritain anak SMA. But I have to admit this story is sweet. Terutama saya menyukai karakter utamanya. Seorang cowo kelas tiga sma yang dalam banyak hal tindakannya sangat masuk akal, walau tidak dipungkiri terkadang nakal. Wajar untuk ukuran seorang remaja pria. Membaca cerita tentang Veryd rasanya seperti menyelam langsung ke pemikiran remaja cowo. Hehe.

Ryd, begitu dia biasa dipanggil, tinggal dengan seorang ayah super funky yang dipanggilnya Ebes dan seorang adik perempuan yang baru masuk smp yang bernama Dinda. Ibunya meninggal ketika Dinda masih bayi kecil. Ryd sangat menyayangi adiknya yang besar tanpa seorang sosok Ibu yang mendampingi.

Seperti mayoritas remaja lainnya. Ryd menghadapi pelajaran di sekolah sekedarnya. Ia lebih senang bermain musik plus mendalami kegiatan menggambar yang juga telah menjadi sumber uang jajan tambahannya. Untuk ukuran seorang cowo yang lumayan populer seperti Ryd (dicerita ini digambarkan banyak “dikejar2 cewe soalnya), duduk di kelas tiga sma dan hanya mempunyai satu mantan itu merupakan suatu rekor tersendiri. Tentang hal itu ia pernah berujar dalam hati :

“Kalau mau sekedar buat nakal-nakalan doang sih bisa aja banyak list-nya, tapi saya bukan tipe cowo kayak gitu, saya takut sama karma. Saya juga punya adik perempuan soalnya, dan ngga mau kalau adik saya ada yang nakalin juga.”

Jujur dan masuk akal. Laki-laki yang punya Ibu, adik atau kakak perempuan, dan benar2 menyayanginya akan punya hati nurani yang protes ketika ia mulai mengambil langkah yang dapat menghancurkan hati perempuan. Ryd tidak pernah menyangkal kalo ia sangat tertarik kalo melihat cewe cantik lewat di depan matanya, sesekali bahkan menyuarakan suitan nakal atau teriakan dengan tujuan menggoda. Tapi ya cuma sebatas itu. Ia tidak melakukan tindakan yang lebih lagi karena memang tidak mau bermain-main dan tidak mau mempermainkan orang lain.

Ryd hanya punya satu mantan, Elvera yang menjadi pacarnya selama dua tahun. Ketika masuk sma, Elvera berpindah domisili ke Batam (Ryd tinggal di Malang) dan mereka sepakat untuk berpisah.

Di saat2 terakhir liburan kenaikan kelas Ryd memutuskan secara spontan untuk ber backpacking ria ke Yogyakarta. Saat akan memberi tiket pulang, Ryd baru sadar atm nya patah dan ia tidak punya cukup uang untuk pulang ke Malang. Di saat “kepepet” itu terbersitlah sebuah wajah yang dapat membantu dirinya yang terdampar. Sasa, teman SD nya, idola masa kecilnya yang tinggal Yogya.

Berkunjunglah Ryd ke rumah Sasa. Dan tanpa disangka-sangka timbul suatu perasaan aneh di hati Ryd ketika harus kembali ke Malang dan meninggalkan Sasa. Di saat yang bersamaan ternyata sang mantan, Elvera telah pindah kembali ke Malang dan mencari Ryd. Mencari CLBK, alias Cinta Lama Bersemi Kembali. Hari demi hari Ryd makin menggali ke dalam hatinya. Masih cinta kah ia pada Elvera, atau sekarang arah matahari sudah berpindah ke Sasa?  Dan diceritakan secara wajar, masuk akal. Ngga lebay dan untuk itu saya cukup menikmati cerita ini.

Yang agak kurang mungkin karakter cewe2 nya ya. Kayaknya kok hanya jadi penghias bin pemanis dalam cerita. Antara yang satu dan lainnya kurang kentara perbedaannya. Hehe. Other than that cerita ini manis dan cukup menghibur. Khas dunia remaja.

“Jalan memang masih panjang, namun sepenggal waktu tadi, kelak akan mereka kenang sebagai sebuah kisah klasik manis yang tak terlupakan, dan pohon-pohon akasia yang menaungi bangku taman itu, menjadi saksi bisu sebuah jalinan cerita cinta, menyatunya dua perasaan dalam satu hati, berdua satu tujuan.”

Advertisements

7 thoughts on “Jatuh Cinta By Jevo Jett

  1. @alvina13 says:

    aduh bacaannya bikin pengen ikutan bacaaa…:D
    Itu kok ada rautan pensil ya dicover. ada maksud dalam ceritanya kah Mbak?

    • Wkwkwkw.. Ngga sampe klepek2 juga sih put.. Ini young adult romance Indonesia pertama yang ngga begitu “ganggu” dan lebay ceritanya kekekek.. Jadi.. Bolehlah.. 🙂

  2. ferri1203 says:

    tumben mbk annisa suka ama novel romance
    tapi genre romance yang nggak njlimet sulir banget ditemuin
    oke, untuk yang ini sepertinya bisa diterima
    hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s