Hector and the Search for Happiness By Francois Lelord

Penerbit : Penguin Books

Tebal : 163 Halaman

Questions : Is happiness simply a chemical reaction in the brain?

Sukaaaa.. Banget sama buku kecil ini.. Kalo The Alchemist nya Paulo Cuelho membuat kita mempertanyakan tujuan hidup dan merenung dalam, maka buku tentang pencarian arti kebahagiaan ini akan membuat kita tersenyum simpul dan berucap “Oh iya ya..”.. Simpel tapi bener banget.

Bercerita tentang Hector, seorang pshychiatrist di sebuah negara yang makmur dan aman dimana penduduknya rata-rata berkecukupan, namun memiliki banyak sekali pshychiatrist seperti Hector. Hector adalah seorang pshychiatrist yang sukses karena dia benar-benar mendengarkan cerita pasien-pasiennya. Hector betul-betul tertarik mempelajari manusia dan berusaha untuk memberikan solusi-solusi yang terbaik untuk klien-kliennya.

Suatu ketika Hector merasa cukup heran karena semakin banyak kliennya yang berkecukupan dan tampak memiliki segalanya, tapi selalu bertanya-tanya apakah mereka telah memilih profesi yang tepat, apakah mereka telah memilih pasangan hidup yang tepat atau apakah mereka seharusnya sekarang berada di kehidupan yang berbeda dengan yang sekarang mereka jalani.

Di suatu titik Hector merasa jenuh. Dan dia memutuskan untuk berlibur sekaligus mencari penyebab apa yang kira-kira membuat seorang manusia merasa bahagia. Pertama-tama Hector berangkat ke China. Di pesawat Hector mengobrol dengan seorang bussiness man yang memiliki pabrik mainan di China, dan Hector mendapatkan pelajaran pertamanya sebagai berikut :

Lesson no.1 : Making comparisons can spoil your happiness.

Di China, Hector bertemu dengan seorang teman lamanya, Edouard, diperkenalkan lalu jatuh hati dengan seorang wanita bernama Ying Li dan bertemu dengan seorang biarawan yang menyuruhnya untuk kembali jika telah selesai melakukan pencarian atas penyebab kebahagiaan. Banyak pelajaran-pelajaran sederhana tentang kebahagiaan yang Hector temukan di China. Namun belum cukup untuk mengerti tentang keseluruhan arti kebahagiaan.

Dari sana Hector berangkat ke Africa. Di Africa, Hector mengalami petualangan dan “near death experience” yang membuatnya mengerti lebih dalam tentang arti kebahagiaan. Untuk membuktikan hipotesis-hipotesisnya, Hector pun pergi ke seorang Professor of Happiness yang tinggal di negara yang paling makmur memiliki kelebihan di segala bidang (i’m guessing it’s USA). Apa kesimpulan terakhir Hector atas penyebab kebahagiaan? A simple truth that will makes us feel a pang in our conscience, but you have to read it yourself ^_^

Bener-bener deh buku ini, keren. Karena kadang manusia mencari kebahagiaan sampe ke ujung-ujung dunia tanpa menyadari kalo sebenarnya kebahagiaan itu harus dicari di dalam diri sendiri. Satu pelajaran tentang kebahagiaan yang mungkin terlewat oleh Hector, menurut saya kebahagiaan adalah ketika kita mampu untuk bersyukur.

Pelajaran-pelajaran dan simple truth tentang kebahagiaan yang paling saya sukai dari buku ini :

Lesson no.3 : Many people see happiness only in their future.

Lesson no.5 : Sometimes happiness is not knowing the whole story.

Lesson no.7 : It’s a mistake to think that happiness is the goal.

Lesson no.14 : Happiness is to be loved for exactly who you are.

Lesson no.20 : Happiness is a certain way of seeing things.

Advertisements

6 thoughts on “Hector and the Search for Happiness By Francois Lelord

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s