The Son Of Neptune, The Heroes of Olympus Book Two By Rick Riordan

Penerbit : Hyperion Books

Tebal : 521 Halaman

*Spoiler alert for those who haven’t read The Lost Hero (Book One The Heroes of Olympus)*

Who is Gaea anyway?”…

“She is the earth goddes.” Nico glanced at the ground as if it might be listening. “The oldest goddes of all. She’s in a deep sleep most of the time, but she hates gods and their chlidren.”

“Mother Earth… Is evil?” Percy asked..

Oh yes she is.. (in this story)

Begitulah, sang Mother Earth kali ini menjadi dalang atas semua kejadian di serial Heroes Of Olympus. Setelah para Titans gagal merebut kekuasaan dari Olympians di serial Percy Jackson, kini giliran emaknya membalas dendam atas kekalahan anak-anaknya. Giliran pasukan anak Gaea lain yang mencoba menyingkirkan para Olympians dan Demigods nya, tidak lain adalah para Giants, Enceladus, Poryphron, Alcyoneus and the gang.

Di buku satu The Lost Hero kita tidak bertemu dengan Percy. Percy Jakson menghilang entah kemana dan digantikan oleh trio demigods baru Jason, Piper dan Leo yang melaksanakan ekspedisi untuk membebaskan Queen Hera. Namun pada akhirnya kita diberi informasi bahwa di dunia ini ada dua jenis camp half blood.

Flashback sedikit. Setelah perang troya selesai, para pengungsi kota troya dengan dipimpin oleh Aeneas (yang konon adalah anak aphrodite) mencari daerah baru dan membangun kehidupan di sana. Kelompok tersebut berkembang menjadi suatu peradaban baru yaitu bangsa romawi. Seiring dengan bangkitnya peradaban romawi, peradaban yunani mengalami kehancuran.

Bangsa romawi sedikit banyak mengadopt kebudayaan Yunani termasuk kepercayaan alias dewa dewinya. Walau pada akhirnya dewa dewi romawi lebih banyak dari Yunani punya. Seperti Bellona, dewi perang yang tidak ada dalam peradaban yunani yang juga diceritakan sebagai ibu dari salah satu tokoh di buku The Son Of Neptune ini.

Dalam cerita ini dikisahkan jika para dewa dewi akhirnya bergeser ke Romawi, di sana mereka juga dipengaruhi oleh sifat bangsa yang mereka naungi. Dewa dewi tersebut menjadi lebih “berstelan perang”, disiplin dan keras seperti sifat bangsa romawi. Pergeseran tersebut membuat para dewa dewi mempunyai dua kepribadian, yunani dan romawi.

Seiring berlalunya waktu.  Keturunan manusia mereka (para demigods) pun terbagi menjadi dua, yaitu keturunan greeks (diproduksi ketika mereka berada dalam mode yunani) dan romans (diproduksi ketika mereka berada dalam mode romawi). Ternyata dua kubu demigods tersebut sering saling mencurigai dan berujung pada perang saudara (konon american civil war juga sebenarnya adalah perang antara dua kubu demigods yang dikamuflasekan oleh The Mist).

Para dewa dewi khawatir akan  akan kenyataan bahwa keturunannya selalu saling berperang dan memutuskan untuk memisahkan kedua kubu tersebut. Dengan kamuflase sang kabut alias The Mist, kedua kubu demigods greeks dan romans tidak akan pernah berselisih jalan dalam petualangan dan kehidupan mereka.

Adalah Hera alias Juno yang mengambil resiko untuk menyatukan kedua kubu (di buku satu) dengan menukar tempat antara Percy dan Jason. Dari buku satu kita mengetahui bahwa Jason adalah champions di kubu romans. Dan di buku satu Jason berhasil menyelesaikan misinya. Jason, Piper, Leo, Annabeth beserta penghuni camp half blood lainnya membangun kapal perang Argonauts II untuk membantu camp half blood romans.

Sementara Jason dkk telah menyelesaikan misinya dan sedang membangun Agonauts II. Percy baru terbangun dari tidur panjangnya dan tidak ingat sesuatu apapun. Percy diarahkah oleh serigala betina bernama Lupa untuk bergerak menuju camp half blood romans.

Disana, melalui serangkaian kejadian, percy bersama kedua temannya Hazel dan frank diberi misi untuk membebaskan Thanatos, sang penjaga kematian, jedralnya Hades. Thanatos diculik oleh salah satu raksasa Alcyoneus. Gaea telah berhasil menemukan pintu kematian dan membebaskan monster-monster dan manusia-manusia paling keji dari Underworld. Jika Thanatos belum dibebaskan maka monster-monster dan penjahat-penjahat tersebut tidak akan bisa mati. Oleh karena itu trio tersebut harus membebaskan Thanatos. Di Alaska aja dong.

Buku ini ngga kalah seru dengan buku pertamanya. Malah makin seru karena banyak sesuatu yang baru, antara lain camp half blood dengan gaya romawi yang banyak berbeda dengan camp half blood tempat percy berasal. Oiya sepanjang hilang ingatannya percy cuma ingat satu nama, Annabeth.Aaaawwww. Hehe.

Adegan penutupnya bikin penasaran banget. Ngga sabar nunggu buku tiganya The Mark of Athena yang baru keluar taun depan 😉

You do the easy thing, the appealing thing, the peaceful thing, mostly it turns out sour in the end. But if you take the hard path-ah, that’s how you reap the sweet rewards. Duty. Sacrifice. They mean something.

Some Roman principals that i could learn to hold on to. Hehe.

Advertisements

14 thoughts on “The Son Of Neptune, The Heroes of Olympus Book Two By Rick Riordan

  1. *tutup mata*
    *lagi musuhan sama fantasi*

    not that I do not enjoy this review loh ya mba.. 🙂
    mba anis penggemarnya Riordan sepertinya ya.. dan ternyata serialnya setelah percy jackson emang banyak sampai aku ngga apal >,<

  2. astridfelicialim says:

    hahahaha begitu baca kata2 spoiler alert aku langsung scroll ke bawah gitu reviewnya nis =D another must read dr riordan yah?

    • annisaanggiana says:

      Iya.. Ini tu sambungannya The Lost Hero yang sebelumnya aku review trid.. Another must read nih kalo kata aku, hehehe…

  3. Waaaahhh… kita sama, mbak.
    Aku juga penggemar Riordan semenjak baca serial pertama Percy Jackson and The Olympians.
    Waduh, kyknya aku ketinggalan nih.
    Aku nggak nyangka kalau Riordan bakalan nulis lanjutan Percy Jackson.
    Aku belum baca seri pertama T.T

    • The Lost Hero setauku memang belum diterjemahin.. Bukunya Rick Riordan yg lagi rally diterjemahin yg serian The Red Pyramid.. Padahal seri The Lost Hero ini seru loh, aku jg ga sabar nunggu lanjutannya..

  4. budi says:

    wah, aku juga lagi ngoleksi buku rick riordan nih, tapi yang terjemahan, dulu pernah nyoba beli yang bahasa inggris bahasanya berat ternyata, kayak harry potter. hehehe…
    yang son of neptune belum ada keluar nih dipadang. jadi sekarang masih lanjutin series kane. belum siap yang the red pyramid eh udah kebeli seri ke duanya hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s