The Lost Hero, The Heroes Of Olympus Book One By Rick Riordan

Penerbit : Hyperion Books

Tebal : 553 Halaman

Inget banget tuh waktu masa-masa SMP saya seneng nonton serial TV Hercules sama Xena The Warrior Princess. Gara-gara seneng nonton itu sedikit banyak saya jadi tertarik sama Greek Myth. Setahun yang lalu saya selesei baca lima buku Percy Jackson series dan semenjak itu resmi menjadi penggemar nya Rick Riordan. Mungkin itu adalah serial fantasy pertama yang bikin saya kepincut setelah Harry Potter series.

Walaupun formulanya sama, teenage heroes, trio dua laki-laki dan satu perempuan dan  nasib dunia persilatan bergantung pada mereka bertiga namun Percy Jackson series berhasil menyajikan twisted version of Greek Myth secara menyegarkan dan super duper seru.

Masih bercerita tentang demigods (anak yang terlahir dari manusia biasa dan dewa). Tokoh utama kita di buku satu ini adalah seorang remaja bernama Jason. Tiba-tiba Jason terbangun di dalam bus sekolah Wilderness School dalam suatu acara field trip ke Grand Canyon. Jason tidak dapat mengingat sesuatu apa pun ketika bangun.

Beruntung Jason berada di dekat kedua teman yang bersedia mempercayai cerita bahwa Jason tidak ingat apa-apa. Piper McLean (pacar super cantik yang tidak bisa dia ingat) dan Leo Valdez (sahabat humoris yang pandai memperbaiki peralatan). Menurut Piper dan Leo, mereka sudah saling mengenal selama 3 bulan, namun Jason tiba-tiba tidak memiliki ingatan seujung jari pun tentang mereka.

Saat tiba di Grand Canyon salah seorang teman mereka tiba-tiba berubah menjadi storm spirits dan menyerang mereka. Beruntung mereka diselamatkan oleh seorang guru, Coach Hedge Gleeson yang ternyata adalah seorang Satyr (di dunia itu job desc para satyr adalah melakukan penyamaran sebagai manusia biasa dan mencari/melindungi para demigods yang belum menyadari siapa mereka dari serangan monster).

Dalam penyerangan tersebut Jason terkejut akan kenyataan bahwa dirinya bisa terbang dan koin yang ada di kantung bajunya dapat berubah menjadi pedang. Melihat bahwa dirinya akan kalah, sang storm spirits kabur dengan membawa Coach Hedge bersamanya. Tepat di saat itu bantuan datang dengan menggunakan kereta terbang. Bantuan tersebut dipimpin oleh seorang remaja perempuan bermata abu-abu dan memakai kaus oranye bertuliskan Camp Half Blood. Ya, tidak lain itu adalah Annabeth (salah satu tokoh utama di serial Percy Jackson, anak dari dewi athena).

Annabeth datang karena dia mendapatkan penglihatan bahwa dia akan menemukan seseorang yang penting di Grand Canyon. Annabeth mengira bahwa dia akan menemukan Percy Jackson yang sekarang menjadi pacarnya yang hilang 3 hari yang lalu.

Ternyata baik Piper, Leo dan Jason, ketiganya adalah demigods. Annabeth memutuskan untuk membawa mereka ke camp half blood karena tidak ada tempat aman bagi para demigods selain di camp half blood (di dunia biasa “bau” mereka selalu menarik perhatian para monster untuk memangsa mereka).

Fyi, manusia biasa tidak bisa melihat segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia para dewa termasuk para monster dan keanehan-keanehan lainnya. Padangan mereka dihalangi oleh kabut dan mereka hanya bisa melihat hal yang masuk akal menurut merka. Contoh : apabila ada seekor naga terbang, para manusia biasa hanya akan melihatnya sebagai helikopter yang terbang terlalu rendah.

Di camp half blood mereka akhirnya mengetahui jati diri mereka. Jason adalah anak Zeus (God of The Sky), Piper anak Aphrodite (Goddes of Love) dan Leo anak dari Hephaestus (God of Blacksmith and Fire). Mereka juga melalui berbagai penglihatan dan mimpi mengetahui bahwa sesuatu telah menculik Dewi Hera dan mereka harus membebaskannya  dalam tiga hari atau dunia akan mengalami kehancuran karena kebangkitan para giants.

Fyi lagi, percy jackson series bercerita tentang pengulangan dari Titan War. Dalam mitologi yunani pada awalnya di dunia ini hanya ada Gaea (mother earth) dan Ouranos. Batch pertama dari anak Gaea dan Ouranos adalah para Cyclops, namun Ouranos membuangnya ke lautan. Batch kedua adalah para Titan, Kronos, Krios dkk. Kronos kemudian membunuh ayahnya Ouranos dan menjadi raja para Titan dan menguasai dunia.

Kronos kemudian menikahi Rhea (salah seorang titans juga). Kronos  dan Rhea kemudian mempunyai anak para Olympians. Kronos sangat takut dia akan dibunuh oleh anaknya sehingga setiap anaknya lahir kronos langsung menelan mereka. Rhea sangat sedih dan suatu saat menukar salah satu anak mereka yang baru lahir dengan batu. Anak itu adalah Zeus. Zeus dibesarkan di tempat lain. Ketika dewasa Zeus pun mengalahkan Ayahnya dan memaksanya untuk memuntahkan sudara-saudaranya, Poseidon, Hades, Hera dkk. Terjadilah perang pertama antara Titans dan Olympians. Olympians menang dan mereka membuang para Titans ke Tartarus (pusat kegelapan di mitologi Yunani).

Untuk membalas dendam Gaea kemudian menikahi Tartarus dan melahirkan sepasukan  Giants. Para Giants tersebut kemudian menyatakan perang dengan Olympians. Namun di kesempatan pertama tersebut para Giants kalah dan dipaksa untuk kembali ke Tartarus.

Kurang lebih itulah latar belakang mitologi Yunani yang melatar belakangi Percy Jackson series dan Heroes of Olympus series ini.

Berhasilkan trio Jason, Piper, Leo yang masing-masing memiliki rahasia tersendiri menyelamatkan Hera. Lalu kemana Percy Jackson menghilang selama ini. Baca sendiri ya, i don’t want to spoil the fun!! Hehe.

Yang saya suka dari The Lost Hero ini adalah salah satu tokohnya Piper adalah anak Aphrodite. Anak-anak Aphrodite selama ini hanya digambarkan ibarat para artis yang hanya peduli dengan penampilan di kalangan demigods. Sedangkan Piper selain cantik juga memiliki akal sehat dan keberanian. Selain dari itu muncul juga tokoh-tokoh baru dari mitologi yunani yang sebelumnya tidak muncul di Percy Jackson series seperti Medea dan Midas.

Penggemar fantasy kayaknya wajib baca seri ini. Terakhir, pesan saya adalah, jangan pernah menamai anak perempuan anda Medea. She’s an evil witch!! Hehe.

Advertisements

8 thoughts on “The Lost Hero, The Heroes Of Olympus Book One By Rick Riordan

  1. Mitology Yunani emang ngak habis2 digali sbg sumber cerita ya, dan Rick Riordan berhasil meramunya menjadi luar biasa keren …yg versi Inggris di Periplus msh 120rb 😦

    • annisaanggiana says:

      Iya. Karena saking penasarannya kamis kemaren aku beli yang lost hero sama son of neptune. Tambah lama tambah rame soalnya :p hehehe

  2. astridfelicialim says:

    nis…aku belum baca percy nih! huehue..udah niat dr kapan tau tapi belum beli juga, hihi…kayaknya sih seru ya…mudah2an ada yg mau ngadoin pas aku ulangtaun #kode hahahaha

    • annisaanggiana says:

      Kekekekek… Rame banget loh trid, sangat-sangat aku rekomendasikan 🙂 kyahaha.. kapan nih astrid ulang taunnya.. 😉

  3. Wuiiik Annisa ngebuuut. Haha, sudah baca yang buku duanya yaa? uuuh pengeen, tapi buku pertama baca ebook, jadi sayang juga kalau beli paperback langsung nomer 2, Lost Heroes ini bagus, lebih bagus ketimbang Percy kalo menurutku. Red Pyramid ok sih tapi apa gara2 Percy jadi berasa sudah lebih akrab dengan dewa2 Yunani hihi.

    Nice review, Nis!

    • annisaanggiana says:

      Iya mi. Aku udah baca buku satunya udah agak lama. ebook sih. kemaren dapet ebook buku 2 nya tapi corrupt gitu file nya. saking penasaran aku beli deh paperbacknya. tapi masa beli buku 2 buku 1 nya ngga? jadilah beli dua-duanya *banyak alesan* kekekekek..

      Iya yang seri The Heroes of Olympus ini lebih dalem konfliknya 🙂 seru banget deh mi buku duanya 🙂 🙂 *ayo mia baca juga* hehehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s