The Girl With The Dragon Tatoo By Stieg Larsson

Penerbit : Quercus

Tebal : 554 Halaman

Buku ini punya efek yang sama dengan ketika saya pertama kali baca The Da Vinci Code nya Dan Brown. Saya ngga nyangka kalo ternyata buku ini seru banget !! Ramuan antara crime, mystery, thriller yang bikin saya susah banget untuk berenti baca. Buku ini adalah buku pertama dari Millenium Trilogy yang diterbitkan setelah sang pengarang Stieg Larsson meninggal pada tahun 2004. By the way readers, jangan baca ulasan di wikipedia tentang buku ini ya! Total spoiler, untung saya baca sewaktu selesai baca bukunya or else it will ruin all the fun.

Berlatar belakang di swedia, setiap bagian dari buku ini ( empat bagian plus prolog dan epilog) dibuka dengan informasi-informasi seperti berikut :

18% of the women in Sweden have at one time been threatened by a man” atau

46% of the women in Sweden have been subjected to violence by a man”

Statistik tersebut sangat berhubungan dengan isi dari buku yang pada banyak bagian menggambarkan kekerasan atau kejahatan yang terjadi pada kaum perempuan di Swedia. Judul asli dari buku ini “Man who hate Woman” sebenarnya lebih menggambarkan isi buku daripada The Girl With The Dragon Tatoo” walau pastinya saya akan malas membeli buku yang judulnya “Man who hate Woman”

Buku ini bercerita tentang seorang pria tua bernama Henrik Vanger, seorang mantan CEO dari perusahaan keluarga Vanger Coorporation yang ingin melakukan upaya terakhir dalam memecahkan misteri hilangnya Harriet Vanger, keponakannya, 40 tahun yang lalu ketika Harriet masih berusia 16 tahun.  Ia lalu mempekerjakan seorang jurnalis yang juga pemilik dari majalah Millenium bernama Mikael Blomkvist untuk mengungkap misteri tersebut.

Mikael sendiri baru saja didakwa dan dijatuhi hukuman atas artikel terakhirnya yang menyerang sebuah perusahaan besar bernama Wennerström Coorporation. Henrik memberikan tawaran untuk bekerja padanya selama 1 tahun penuh dengan samaran membuat biografi dari keluarga Vanger dengan jumlah bayaran yang sangat menggoda, selain dari itu Henrik juga menawarkan bukti-bukti baru yang dapat menjatuhkan Wennerström Coorporation. Tawaran yang sulit ditolak untuk Mikael.

Mikael akhirnya mundur untuk sementara dari majalah Millenium untuk pindah ke salah satu villa di kediaman Hendrik Vanger dan keluarga di suatu pulau bernama Hedeby. Sewaktu Harriet masih hidup, setiap hari ulang tahun Hendrik pada tanggal 1 November Harriet selalu memberinya hadiah berupa bunga yang telah diawetkan dan diletakkan dalam sebuah figura. Setelah menghilangnya Harriet, setiap tanggal 1 November Hendrik menerima melalui pos hadiah yang sama. Hendrik menduga bahwa sang pembunuh sedang mengejeknya, berulang-ulang, selama 40 tahun. Hendrik sendiri mencurigai bahwa salah satu anggota keluarganyalah yang telah membunuh dan menyembunyikan mayat Harriet.

Mikael, you can ask questions later, but I want you to take my word when I say that I detest most of the members of my family. They are for the most part thieves, misers, bullies and incompetents.

Sebelum Hendrik mempekerjakan Mikael, ia telah memerintahkan terlebih dahulu kepada pengacara sekaligus sahabatnya Dirch Frode untuk menyelidiki latar belakang Mikael. Tugas jatuh kepada seorang wanita muda bernama Lisbeth Salander. Penyelidik profesional yang antisosial, memiliki photographic memori, cerdas dan tidak beremosi. Lisbeth lah The Girl With The Dragon Tatto yang dimaksud dalam judul buku.

Setelah berusaha untuk membuat biografi keluarga dan berusaha untuk menemukan fakta baru dalam setumpuk dokumen penyelidikan hilangnya Harriet, Mikael menemukan bahwa keluarga Vanger adalah keluarga unik dimana banyak sekali “kegilaan” di dalamnya. Mikael akhirnya memutuskan bahwa dirinya membutuhkan bantuan seorang penyelidik profesional. Dirch Frode secara tidak sengaja merekomendasikan Lisbeth Salander. Mikael dan Lisbeth akhirnya bekerja sama untuk mengungkap misteri 40 tahun yang lalu dan menemukan bahwa yang terjadi adalah jauh lebih besar dari yang mereka duga.

Saya sangat suka karakter Lisbeth Salander yang digambarkan sebagai perempuan yang memiliki temperamen nyaris nol. Lisbeth selalu menimbang konsekuensi dari setiap tindakannya dengan kepala dingin. Sama sekali tidak menye-menye atas kekerasan yang telah menderanya semenjak kecil. Saya ingin segera membaca buku ini karena penasaran dengan nasib Lisbeth Salander yang telah tertipu dengan ilusi bernama “Love” ;p

Untuk penggemar thriller maupun bukan, saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca !! You’ll never guess what will happen in the end of this book. Pengalaman yang seru ! I’ll definitely read the second sequel.

Advertisements

13 thoughts on “The Girl With The Dragon Tatoo By Stieg Larsson

    • annisaanggiana says:

      Iya aku baca yang versi bahasa inggrisnya, loh emang ada terjemahannya ya? o_O baru tau.. Buku ini rame kok mba!!

  1. buseeeet.. baca indonya aja aku udah minder sama tebelnya mba.. >,<
    btw klo baca buku inggris, butuh berapa hari mba? aku kalo 300an halaman bisa butuh 3-5 hari,.. hiks.. masih lambat banget ya..

    btw ini aku udah beli langsung 1 set waktu PBJ kemarin, gara2 dikomporin Ine.. yang dia bilang bagus banget.. ternyata emang bagus ya mba?

    • annisaanggiana says:

      Tergantung sama rame ngga bukunya sih na! Hehe, kalo kurang seru ditinggal melulu bukunya, kalo seru nempel kayak perangko sama tangan. Buku ini 50 halaman pertama dibacanya pas weekdays jadi susah cari waktunya, sisanya ngga kerasa dilalap abis sabtu kemaren ;p Hehehe. Iya aku juga beli yang satu set yg versi bhs inggris dari november 2010, baru kebaca sekarang ;p nanti baca buku 2 nya diseling buku lain dulu. Iya bukunya kereeen bangettt, seru!!! Ayo dibaca!! 🙂 🙂

    • annisaanggiana says:

      Btw.. Semangat ana !! Santai aja karena sebagaimana selera genre yang beragam gaya baca orang – orang pun berbeda-beda, yang penting tetap membaca yaaaa.. Hehe 🙂

  2. astridfelicialim says:

    nisa…aku malah gak suka buku ini, huhu…aku bikin reviewnya rada sadis pula hahahaha…….dan memutuskan untuk gak ngelanjutin seri nya =p tapi emang bener banget kalo selera org emang beda2 ya =)
    at least utk unsur misterinya sih ok ya buku ini….

    • annisaanggiana says:

      Hehehe Beda selera trid, aku malah seneng cerita model gini, walau beberapa bagian agak sadis memang, tapi seru !! 🙂 🙂

  3. Lah kok bhs Inggris sih? makin keder hahaha aku minjem anak KPJ aja kayaknya kemarin baru beli … thanks (langsung pening liat buku tebel in English) hosh hosh hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s