Prophecy Of The Sister By Michelle Zink

Penerbit : Matahati

Tebal : 354 Halaman

Alih Bahasa : Ida Wajdi

Problem dengan genre fantasy adalah sudah banyak sekali novel dengan kategori 10 dari 10 bintang sehingga mau tidak mau standar untuk masuk ke dalam kategori bagus cukup tinggi. Itulah yang terjadi pada novel ini. Sebenarnya ceritanya OK, namun mungkin tidak sesuai ekspektasi.

Bercerita tentang remaja perempuan kembar, Lia dan Allice Milthrope yang baru saja kehilangan ayahnya. Ibu Lia dan Alice meninggal karena bunuh diri sewaktu mereka kecil dengan melompat dari suatu tebing. Lia dan Alice tinggal bersama adik ibu mereka Bibi Virgina dan seorang adik laki-laki yang lumpuh bernama Henry.

Setelah pemakaman ayahnya, muncul tanda aneh di pergelangan tangan Lia yang menyerupai gelang ular. Lalu pada suatu malam Lia menangkap basah saudara kembarnya sedang melakukan suatu ritual mistis di kamar mendiang ibu mereka.

Kekasih Lia, James yang ayahnya diberi tugas untuk mengorganisir perpustakaan keluarga Milthrope menemukan sebuah buku kuno dengan judul Book Of Chaos. Dalam buku tersebut terdapat ramalan mengenai hari kiamat yang melibatkan saudara kembar. Yang satu bertindak sebagai Gerbang para roh tersesat dan setan masuk ke dunia dan yang satu lagi berperan sebagai Garda untuk menjaga kedamaian dan menjaga agar para roh tersesat tidak masuk ke dunia.

Semakin lama Lia merasa perangai Alice semakin aneh, untungnya Lia menemukan sekutu dalam memecahkan misteri ramalan kuno tersebut. Sonia Sorennsen dan Luisa Alcot yang ternyata memiliki tanda yang mirip dengan tanda di pergelangan tangan Lia. Bertiga mereka mencoba mengurai ramalan kunoΒ  tersebut dan mencari tahu apa peranan mereka di dalamnya.

Terus terang saya tidak familiar tentang mitos Samael sehingga sepanjang buku ini saya mengalami kesulitan memahami konsep ramalan tersebut. Kenapa Samael menjadi setan, bagaimana peran para saudari dan isi ramalan itu sendiri belum begitu dapat saya mengerti.

Saya merasa karakter dari tokoh-tokohnya digambarkan dengan kurang kuat. Lia kurang mengigit dan Alice terlalu jahat. Bahkan dalam beberapa titik saya merasa sang penulis tidak adil karena kurang menggali karakter Alice. Dia hanya digambarkan sebagai Alice si jahat.

Dalam buku ini juga intentsitas alurnya kurang memuaskan. Tidak ada puncaknya. Alur dari awal sampai akhir datar-datar saja dan banyak misteri yang belum terselesaikan. Mungkin di seri berikutnya akan lebih banyak konflik karena ternyata buku ini berseri.

Walaupun hanya masuk kedalam kategori Ok buat saya, karena kalo udah baca buku berseri saya ngga bisa berhenti dan kemarin di Periplus nemu serial keduanya Guardian of The Gate didiskon jadi 49 ribu jadilah saya beli dan masuk dalam antrian bacaan. Jadi.. Nantikanlah review buku yang kedua, mudah-mudahan lebih bagus dari buku pertamanya.

Advertisements

4 thoughts on “Prophecy Of The Sister By Michelle Zink

  1. Ahaha, iya beneran jadi 49rb ya? Kapanan itu mau beli ragu krn blom baca buku pertamanya. Pendapatku sama dgn Nisa, sepertinya pengarang krg adil ya, jadi Alice berasa jahat banget. Memang byk kekurangannya buku ini, mudah-mudahan buku 2 makin baik karena tema yg diangkat lumayan fresh, tdk melulu vampire dan werewolves.

    • annisaanggiana says:

      Good Point!! Sudah mulai enegh dengan tema vampire dan warewolves, hehehe. Iya mi jadi 49 rb, langsunglah aku beli! hehe.. tebakanku siy mudah2an buku kedua ini up and down nya lebih mengigit.

  2. waaa..itu nanti buku kedua versi indo nya pasti lebih mahal tuh dr 49ribu.. aku tunggu mbak reviewnya πŸ˜€ penasaran jg tp males beli trilogi sebiji2 kalo nanggung pemenggalan bukunya πŸ˜€

    • annisaanggiana says:

      Iya, aku jg males tapi berhubung diskon ya ngiler juga, hehehe dasarrhh.. Baiklah akan aku baca deh bulan ini πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s