Eat, Pray, Love By Elizabeth Gilbert

Reviewed on : March 29th 2010

Akhirnya kebaca juga buku ini. Hmm.. Agak mengecewakan ternyata. Buku ini adalah memoir sang pengarang tentang beberapa episode penting dalam hidupnya. Alkisah Liz baru saja mengalami perceraian yang cukup ruwet lalu berturut-turut patah hati karena kisah cinta barunya gagal. Liz mengalami depresi sehingga tenggelam di suatu kondisi yang bernama melancholy.

Setelah mencari pertolongan, beranjak sembuh dan menyelesaikan perceraiannya Liz memutuskan untuk mengunjungi beberapa tempat. Italia (karena dia suka bahasanya), India (karena dia ingin datang ke Ashram untuk mendalami meditasi dan mencari ketenangan diri dan/atau Tuhan), Indonesia (karena undangan sekaligus premonition dari seorang Tabib di Bali)

Dan berkunjunglah dia ke tempat-tempat tersebut dan mengalami warna warni peristiwa. Terlintas di pikiran saya tentang Piramida Maslow saat membaca buku ini. This is a perfect sample (menurut saya loh) dimana seseorang yang physiological, safety, love/belonging dan esteem needs nya sudah terpenuhi akan beranjak ke tahap self actualization. Kenginan untuk mencari Tuhan, mengerti hidup dan mencari ketenangan diri adalah inti yang dicari oleh sang punya cerita. Satu hal penting yang menjadi kesimpulan dan pelajaran dari kisah ini adalah bahwa yang bisa menolong diri kita keluar dari keadaan buruk adalah diri kita sendiri.

Cara penulisannya pada beberapa bagian lumayan lucu. Mirip-mirip novel chicklit kalo menurut saya. Lumayan untuk mengisi waktu luang tapi over all menurut saya sih biasa aja. Buku itu seperti makanan yang enak ngga nya tergantung selera sang penikmat. Sepertinya buku ini bukan selera saya. Maaf penggemar Elizabeth Gilbert !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s