City of Joy By Dominique Lappierre

Reviewed on : February 22nd 2009

Ketika membaca buku city of joy, saya menemukan banyak kesamaan dengan kondisi yang terjadi di Indonesia. City of joy berlatar belakang kota Calcutta, India tepatnya di sebuah perkampungan yang bernama Anandh Nagar yang artinya negeri bahagia.

Perkampungan ini merupakan suatu perkampungan kumuh (slum) dengan penduduk yang amat padat, fasilitas sanitasi yang kurang dan didera oleh berbagi cobaan hidup yang amat sangat dashyat. Namun demikian penduduk Anandh Nagar tidak pernah merasa nelangsa atau bersusah hati atas segala apa yang terjadi dalam hidup mereka. Mereka menjalani hidup dengan pasrah, ikhlas dan senantiasa bersyukur sehingga sinar kebahagiaan selalu dapat ditemukan di tatapan mata penduduk perkampungan Anandh Nagar.

Inilah bagian yang paling menarik dari cerita dalam buku ini. Bahwa dalam setiap bentuk penderitaan, bahkan yang paling buruk sekalipun, hidup selalu bisa dinikmati apabila kita bersyukur dan bersikap legowo dalam menghadapinya.

Ada dua tokoh utama dalam buku ini. Yang pertama adalah Hasari Pal, seorang petani dari daerah Benggala yang terpaksa hijrah ke kota Calcutta karena lahan pertaniannya tidak bisa lagi memberikan hasil yang memadai untuk memberi makan keluarganya. Yang kedua adalah Stephan Kovalski, seorang misionaris asal Polandia yang ingin benar-benar menghayati kesusahan hidup yang dialami oleh penduduk Calcutta. Kedua tokoh ini menjalani kisahnya masing-masing sebelum akhirnya benang nasib mempertemukan mereka pada bab 64 dari 72 bab dalam buku ini.

Buku ini ditulis berdasarkan riset sang pengarang di Calcutta. Ada banyak kenyataan hidup yang cukup mengerikan yang bisa kita temukan dalam buku ini. Sejauh apa seseorang mau berbuat sesuatu demi memberi makan dan membahagiakan keluarganya. Banyak sekali nilai-nilai yang bisa kita pelajari dari penduduk Anandh Nagar. Maka dari itu buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s